8 Jenis Kamera Digital, Untuk Pemula

Jenis kamera digital sangat beragam bentuknya. Perkembangan teknologi kamera digital berlangsung sangat pesat. Pemilihan kamera digital bisa mengandalkan kualitas gambar, kinerja, ekosistem, ergonomi dan antarmuka. Bagi penggemar fotografi tentunya ingin mendapatkan kamera terbaik. Apa saja macam kamera digital yang bisa diandalkan dalam mengabadikan momen indah dalam hidup Anda? Baca Juga : Daftar Kamera Digital Termurah
Jenis kamera digital
Jenis kamera digital

Kamera handphone
Hampir semua produk ponsel terbaru menyematkan kamera digital. Sehingga setiap saat bisa mengabadikan berbagai momen. Penggunaannya sangat praktis dan fiturnya juga sangat mendukung. Kualitasnya juga terbilang bagus, tapi tentunya dengan kemampuan yang terbatas. Kelebihannya adalah Anda bisa memosting langsung hasil jepretan Anda ke berbagai situs media sosial.

Kamera compact atau kamera saku
Jenis kamera ini sebelumnya sangat laris manis, sebelum maraknya ponsel yang dilengkapi kamera digital. Apalagi kualitas gambarnya terbilang bagus, sangat tergantung dari spesifikasi kamera yang dihadirkan. Vendor kamera ini juga tidak melakukan pengembangan lagi terhadap produk kamera ini. Konsumen memang semakin jeli dalam pemilihan jenis kamera digital.

Advanced compact atau kamera compact canggih
Kamera digital ini dilengkapi dengan sensor gambar yang relatif besar, dibandingkan dengan kamera smartphone atau kamera saku biasa. Karena kemampuan dalam menangkap objek foto terbilang lebih baik, karena kualitas gambarnya tetap jernih. Meskipun pengambilan gambar dilakukan di keadaan gelap atau minim cahaya. Kinerja kamera ini juga lebih baik dan cepat. Kamera digital ini sangat cocok digunakan sebagai kamera indoor, candid camera atau street photography. Baca Juga : Daftar Kamera EOS Terbaru Bulan Ini

Jenis kamera digital
Kamera superzoom atau prosumer

Kamera superzoom atau prosumer
Kehandalan jenis kamera digital ini terdapat pada kemampuan zoom lensa yang bisa diperbesar sampai dengan 50 kali. Bentuk bodinya mirip kamera DSLR, tapi ukurannya lebih ringan dan kecil. Harga unitnya juga terbilang lebih murah. Tapi kecepatannya standar, sensor gambar relatif kecil dan lensa kamera tidak bisa diubah. Kamera ini cocok bagi pecinta fotografi yang menginginkan zoom panjang dan dimensi kamera yang lebih ringkas dibandingkan kamera DSLR.

Kamera mirrorless
Keunggulan kamera ini pada ukuran bodinya yang relatif lebih kecil, daripada kamera DSLR. Tapi kualitas gambar yang dihasilkan terbilang sama dengan kamera DSLR, bahkan ada juga yang melampaui kualitasnya. Kamera ini bisa juga diganti lensanya dengan yang lebih baik, sehingga berpengaruh pada kualitas gambar yang semakin bagus. Baca Juga : Harga Kamera DSLR Terlengkap Bulan Ini

Kelemahan kamera digital ini adalah pada fitur auto fokus belum sebaik kamera DSLR, aksesoris, kelengkapan lensa dan kapasitas baterainya. Kamera ini sangat cocok bagi yang gemar traveling, tapi tidak ingin direpotkan dengan kamera yang bera. Perkembangan kamera mirrorless sangat pesar, kalau harga di pasaran semakin bersaing dan kelengkapannya semakin lengkap, bisa jadi banyak orang yang lebih kepincut memiliki jenis kamera digital ini.

Jenis kamera digital
Kamera DSLR untuk pemula

Kamera DSLR untuk pemula
Bagi fotografer pemula bisa memilih jenis kamera ini, karena harganya lebih terjangkau, terdapat aneka pilihan lensa dan aksesorisnya terbilang lengkap. Yang membuat kamera ini unik adalah terdapat prisma yang bisa memudahkan penggunanya  melihat langsung menggunakan jendela bidik, mirip saat melihat dengan mata.

Kamera DSLR menengah
Jenis kamera digital ini biasanya digemari pecinta fotografi yang mulai serius menekuni dunia tersebut dan juga kalangan semi profesional. Kelebihan dari tipe kamera ini adalah kinerja autofokusnya, operasi kamera dan berbagai tombol yang mempermudah dan mempercepat dalam menyeting sebelum sesi pemotretan.

Kamera DSLR Pro
Kamera ini diandalkan kalangan fotografer profesional. Kualitas fisik, spesifikasi canggih dan fitur memadai sangat dibutuhkan saat pemotretan. Ukuran dan berat dari kamera ini tidak begitu dipermasalahkan penggunanya. Harganya juga paling tinggi, daripada jenis kamera digital lainnya.
Poskan Komentar