-->

Mengenal Macam dan Jenis Kamera Digital

Fotografer profesional pasti sudah mengenal betul berbagai macam dan jenis kamera digital. Karenanya mereka memiliki kemampuan yang sangat luar biasa dalam menghasilkan gambar yang mereka ambil. Para fotografer profesional ini sudah mengerti kebutuhan kamera yang mereka harus penuhi sehingga dapat menghasilkan gambar yang sempurna. Namun bagi Anda yang masih pemula, ada baiknya belajar tentang kamera digital sebelum serius menekuni jalan menjadi fotografer profesional. Pelajaran pertama yang harus Anda ketahui sebagai seorang fotografer pemula adalah mengetahui berbagai macam kamera digital. Jika selama ini Anda hanya mengenal kamera saku, maka wawasan Anda harus segera diupgrade karena ada banyak jenis kamera digital lainnya yang juga memiliki kemampuan luar biasa dalam mengambil gambar seperti halnya kamera saku. Baca Juga : 8 Jenis Kamera Digital Untuk Pemula

jenis kamera digital

Kamera Saku atau Kamera Pocket
Jenis kamera digital yang satu ini tentu sudah banyak orang yang mengetahuinya. Bahkan dikalangan fotografer pemula, kamera saku menjadi pelajaran pertama mereka sebelum benar-benar menekuni dunia fotografer profesional. Meski tidak menutup kemungkinan para fotografer pemula bisa langsung menguasai jenis kamera yang lebih canggih, namun kamera saku ini biasanya menjadi sebuah awal seseorang jatuh hati dengan fotografi.

Sesuai dengan namanya kamera saku, maka kamera digital jenis ini berukuran kecil dan sangat praktis untuk dibawa ke berbagai tempat. Karena bentuknya yang kecil sehingga mudah dimasukkan saku. Sebagai kamera yang bentuknya kecil, penggunaannya juga lebih mudah. Berbeda dengan beberapa jenis kamera digital lainnya yang membutuhkan pengoperasian yang rumit, tidak demikian dengan kamera saku. Karena itulah para fotografer pemula atau bahkan seseorang yang sangat awam dengan fotografi sangat menyukai kamera saku ini. Biasanya kamera saku dilengkapi dengan banyak sekali fitur otomatis, sedikit pengaturan sehingga mudah digunakan untuk membidik suatu obyek. Tentang kualitas hasil bidikannya jangan diragukan. Bahkan beberapa kamera saku dengan merek tertentu memiliki kualitas hasil bidikan yang bagus dan tidak kalah dengan kamera fotografer profesional. Baca Juga : Jenis Aksesoris Kamera Untuk Fotografer
Jenis kamera digital

Kamera Ultra Zoom atau Kamera Prosumer
Jenis kamera digital ini sedikit lebih canggih daripada kamera saku. Menurut mereka yang mengenal betul berbagai macam kamera digital, kamera ultra zoom ini merupakan peralihan dari kamera saku pada kamera DSLR. Bentuknya hampir mirip dengan kamera DSLR namun memiliki ukuran yang lebih kecil. Kamera ultra zoom memiliki optikal zoom yang bisa mencapai 20-50x. Bahkan beberapa kamera ultra zoom dengan merek tertentu memiliki kemampuan optikal zoom lebih dari 50x. Lensa kamera ultra zoom tidak dapat ditukar dan juga sensor gambar yang dihasilkan kecil namun lebih besar dari kamera saku. Kecepatan yang dimiliki kamera ultra zoom ini standar namun tetap lebih mumpuni dibandingkan kamera saku.

Kamera DSLR
Jenis kamera digital berikutnya adalah kamera DSLR yang merupakan kepanjangan dari Digital Single Lens Reflex. Jenis kamera ini lebih banyak digunakan oleh para fotografer profesional. Kemampuannya dalam menghasilkan gambar yang berkualitas tidak perlu diragukan karena kamera DSLR memiliki sensor yang sangat besar. Kamera DSLR memiliki prisma yang memungkinkan seorang fotografer profesional melihat langsung melalui jendela bidikan seperti melihat dengan mata sendiri. Dan kelebihan inilah yang membuat DSLR menjadi kamera mumpuni yang memiliki derajat lebih tinggi dibandingkan jenis kamera lainnya. Pencahayaan yang dimiliki DSLR juga dapat diatur sedemikian rupa semudah mengatur shutter speed. Selain itu, kelebihan jenis kamera digital DSLR adalah lensanya bisa diganti-ganti sesuai dengan kebutuhan fotorgrafi yang akan  Anda lakukan.

Disqus Comments