TIPS Menciptakan Foto Berkualitas Dengan Kamera Ponsel

TIPS Menciptakan Foto Berkualitas Dengan Kamera Ponsel - Kamera ponsel sangat membantu bagi pecinta fotografi. Saat ini hampir semua produk ponsel selalu dilengkapi dengan kamera digital. Kamera pada ponsel ini sangat diminati, karena lebih ringkas, ringan dan bisa menghasilkan foto yang tak kalah dengan hasil jepretan kamera DSLR. Sayangnya karena pemahaman fotografi yang kurang, tidak  bisa memaksimalkan hasil jepretan. Agar hasil jepretan kamera smartphone lebih berkualitas, berikut ini sejumlah tips yang bisa diterapkan.
Kamera ponsel
Kamera ponsel

Jangan lakukan zooming, bisa diganti cropping
Fitur optical zoom biasanya terdapat juga pada kamera handphone. Kalau kamera saku atau kamera DSLR sangat tepat menggunakan fitur ini untuk memperbesar objek foto yang akan diambil. Sistem digital zoom adalah memperbesar gambar di titik tertentu. Tujuannya agar gambar tidak nampak kabur atau gambarnya berantakan.

Tapi saat menggunakan kamera handphone, sebaiknya tidak menerapkan fitur tersebut. Lebih baik ambil gambar secara keseluruhan tanpa aplikasi zoom. Kemudian dipotong taau cropping di bagian yang ingin lebih difokuskan. Anda bisa menggunakan aplikasi Photo Editor yang mendukung kamera ponsel. Baca Juga : Belajar Fotografi Dengan Kamera DSLR

Jangan difilter, tapi cukup diedit
Fitur filter biasanya terdapat pada ponsel, dengan begitu bisa langsung memotret dengan sensasi berbeda. Sayangnya sistem filter itu bisa menghilangkan sejumlah titik fokus pada hasil foto. Karenanya lebih disarankan untuk melakukan pengambilan gambar tanpa penerapan fitur filter. Kemudian foto diedit memakai aplikasi Photo Editor yang sangat beragam jenisnya.

Jangan terapkan fitur blur
Teknik fotografi blur sangat populer dan sering diaplikasikan fotografer. Sayangnya kemampuan dari kamera ponsel tak sebagus kamera DSLR dalam menciptakan efek blur pada hasil jepretan. Karena fitur depth of field-nya tidak begitu canggih, seperti yang terdapat pada kamera Mirrorless, kamera DSLR dan juga kamera saku. Jadi dalam menghadirkan efek blur lebih sulit, saat menggunakan kamera handphone.

Karena itu biasanya disediakan fitur blur otomatis pada ponsel. Sehingga bisa menampilkan efek blur di sekitar objek foto. Tapi biasanya hasilnya nampak kurang alami, saat diterapkan. dengan begitu hasil foto nampak lebih jelek. Kalau tetap ingin menggunakan fitur blur tersebut, maka sebaiknya mencari latar belakang sederhana. Selain itu mengatur jarak objek yang akan dipotret.

Terapkan aplikasi kamera yang sesuai
Aplikasi kamera yang digunakan juga mempengaruhi hasil foto. Lebih baik memakai aplikasi kamera yang lebih sesuai untuk ponsel Anda. Untuk mendapatkan aplikasinya, bisa melakukan pencarian di Google Play Store untuk ponsel Android, Apple App Store untuk ponsel iOS dan untuk Windows Phone bisa mencerinya di Windows Phone Store. Sebagai panduan, Anda bisa mencermati lasan dan komentar dari pengguna sebelumnya. Sehingga lebih mudah mengetahui kualitas aplikasi kamera tersebut.
Kamera ponsel
Kamera ponsel

Menjaga kebersihan lensa kamera
Kamera ponsel lebih terbuka tanpa pengaman apapun, sehingga lebih mudah terpapar debu, noda dan kotoran lainnya. Hal ini karena tidak dilengkapi dengan penutup lensa. Jadi sebelum melakukan pengambilan gambar, pastikan kebersihan lensa kamera. Karena bisa berpengaruh besar pada kualitas gambar yang akan dihasilkan. Baca Juga : Tips Perawatan Lensa dan Kamera DSLR

Jangan menggunakan Flash
Saat kondisi gelap memang keberadaan lampu flash sangat mendukung untuk menghasilkan foto yang bagus. Sayangnya sebagian besar fitur flash yang disematkan pada ponsel ,kualitasnya kurang begitu bagus. biasanya hanya memancarkan cahaya saja, tapi tidak memberikan pengaturan terhadap intensitas cahaya. Menerapkan sumber cahaya lainnya, seperti lampu justru lebih baik. Daripada hanya mengandalkan fitur flash yang terdapat pada kamera ponsel.

Poskan Komentar