TIPS Perawatan Lensa Dan Kamera DSLR

TIPS Perawatan Lensa Dan Kamera DSLR - Perawatan lensa dan kamera DSLR tentunya harus dilakukan secara berkala. Sehingga kondisinya selalu terjaga dengan baik, termasuk lebih awet dan menghasilkan foto berkualitas. Bagi Anda yang gemar fotografi atau seorang fotografi, kamera pastinya merupakan salah satu peralatan yang sering digunakan. Dalam waktu khusus sempatkan untuk melakukan perawatan. Bagaimana cara perawatan yang bisa diterapkan? Baca Juga : Harga Lensa Canon L Series 


Perawatan lensa dan kamera DSLR

Tips perawatan kamera DSLR

Berbagai tips berikut ini bisa Anda terapkan, sehingga kualitas kamera DSLR bisa selalu terjaga dengan baik.

  1. Menyimpan kamera di dalam dry cabinet atau dry box. Khususnya kalau sedang tidak digunakan. Suhu udara yang sangat lembab bisa mengakibatkan munculnya jamur dan karatan pada kamera. Sangat disarankan untuk menaruh silica gell di tempat penyimpanan.
  2. Pastikan selalu membersihkan kamera sesudah menggunakannya. Kamera DSLR memang sangat sensitif, sehingga butuh perawatan ekstra. Anda harus menjaga kamera dari cipratan minyak atau air. Kalau sudah terlanjur terkena kedua zat itu, Anda bisa mennghilangkannya memakai kain lap ataupun tisu khusus. Terutama setelah digunakan di kawasan pantai, pastikan merawatnya dengan tepat. Karena bisa rentan terjadi karatan, karena paparan dari uap air laut.
  3. Mengganti baterai kamera. Baterai lithium-ion yang biasanya digunakan paa kamera DSLR umumnya bisa bertahan pada 500 kali siklus pengisian ulang. Setelah itu biasanya performa baterai mulai menurun. Kalau memang sudah waktunya ganti, sebaiknya segera menggantinya. Karena baterai rusak bisa mengakibatkan kerusakan juga pada kamera. Kalau kamera sedang tidak digunakan, sangat disarankan untk melepas baterai.
  4. Keluarkan kartu memori ketika tidak digunakan. Sebaiknya kalau kamera sedang tidak digunakan, maka tidak hanya baterai yang harus dilepas, tapi juga kartu memori atau memory card. Agar mudah mencarinya, simpanlah di kotak khusus.
  5. Hindari paparan panas berlebihan. Kamera DSLR sangat rentan pada suhu panas. Jadi sangat penting untuk tidak meninggalkan kamera terpapar langsung terik matahari atau sumber panas lainnya. Sangat disarankan untuk tidak meninggalkan kamera di mobil yang juga terpapar sinar matahari secara langsung. Karena kerusakan kamera bisa dipicu karena berada di suhu terlalu tinggi. 
Perawatan lensa dan kamera DSLR

Tips perawatan lensa DSLR

Untuk menghasilkan hasil foto yang berkualitas, kondisi lensa DSLR harus senantiasa diperhatikan. Lensa ini juga sangat rentan terhadap kondisi suhu tertentu. Sehingga membutuhkan perawatan yang memadai. Untuk hasil foto terbaik, jangan lupa untuk selalu menerapkan perawatan lensa dan kamera DSLR.

Khususnya bagi lensa kamera DSLR, beragam tips berikut ini bisa Anda terapkan. Sehingga lebih awet dan tahan lama. Termasuk berpengaruh kepada hasil jepretan.

  1. Menyimpan lensa di tempat yang aman. Tingkat suhu udara yang terlalu tinggi, sangat berpengaruh pada munculnya jamur dan karat di lensa. Untuk mendukung perawatan ini, bisa ditambahkan silica gel.
  2. Setelah digunakan harus selalu dibersihkan. Bercak minyak atau air bisa mengakibatkan kerusakan lensa. Kalau menemukan kotoran itu, segera membersihkannya dengan kain lap atau tisu khusus. Sehabis digunakan di kawasan pantai, jangan lupa selalu membersihkan lensa. Karena uap air laut bisa mempercepat munculnya karatan.
  3. Jangan menyentuh lensa dengan jari. Karena bisa jadi jari tidak terjaga kebersihannya. Sehingga bisa berpengaruh pada kondisi lensa.
  4. Selalu memasang penutup lensa, saat tidak digunakan. Tips ini tujuannya agar mengurangi risiko debu masuk ke dalam lensa atau menempel di permukaan lensa.
  5. Gunakan alat pembersih lensa yang tepat. Saat membersihkan lensa kamera, Anda bisa menggunakan lens cloth, lens paper, lens blower dan lens brush. Lens cleaning fluid juga bisa digunakan, kalau dibutuhkan saat pembersihan lensa. Jangan gunakan air dan meneteskan cairan pada lensa. Tapi dengan meneteskannya pada kain pembersih dan mengusapkannya ke lensa.

Dengan penerapan tips perawatan lensa dan kamera DSLR tersebut, diharapkan kamera dan lensa DSLR akan lebih awet dan bisa menghasilkan foto yang berkualitas. Terima kasih telah membaca ulasan TIPS Perawatan Lensa Dan Kamera DSLR semoga bermanfaat.
Poskan Komentar