Cara dan TIPS Memotret Malam Hari | Untuk Pemula

Cara dan TIPS Memotret Malam Hari | Untuk Pemula - Memotret malam hari mungkin sering Anda lakukan, sayangnya hasilnya kurang memuaskan. Taburan cahaya di tepat tertentu bisa menjadi foto menarik dan dramatis. Sayangnya tidak mudah menghasilkan gambar memuaskan di malam hari. Hal ini karena minimnya cahaya. Sebenarnya hal itu bisa diatasi dengan mudah. Dengan catatan memahami  sejumlah teknik fotografi, seperti pencahayaan, shutter speed, pengaturan ISO dan lain sebagainya. Untuk hasil foto yang lebih baik, berikut ini sejumlah tips yang bisa diterapkan.

Memotret malam hari
Memotret malam hari

Memilih waktu yang sesuai
Guna memperoleh foto yang dramatis, sebaiknya melakukan pengambilan gambar ketika matahari sedang tenggelam. Sebelum kondisi benar-benar berubah sangat gelap. Saat matahari terbenam, Anda bisa mendapati warna langit yang sangat indah, seperti warna ungu, oranye, merah dan biru. Lampu gedung atau lampu jalan juga akan memberikan efek memikat pada hasil jepretan Anda. Baca Juga : Tips Mudah Pengaturan ISO Kamera Digital

Memakai tripod
Kehadiran tripod sangat dibutuhkan saat pengambilan gambar di malam hari. Karena kondisi cahaya sangat minim, maka sensor kamera membutuhkan waktu lebih lama ketika pemotretan. Dengan menggunakan tripod, maka lebih menjamin kestabilan kamera. Sehingga tercipta gambar yang tidak blur dan tetap tajam, saat memotret malam hari.

Pengaturan ISO yang tepat
Pengaturan ISO yang benar sangat berpengaruh pada sensitivitas sensor kamera, terutama terhadap paparan cahaya. Saat malam hari, Anda sebaiknya mengatur ISO dengan angka yang lebih tinggi. pilihlah angka ISO paling tinggi yang terdapat pada kamera, dengan catatan noise yang muncul terbilang tidak melampaui ambang batas toleransi.

Karena semakin tinggi angka ISO, kemungkinan besar bintik-bintik putih atau noise yang akan muncul juga akan semakin besar pada hasil jepretan. Pengaturan ISO yang sesuai, menjadikan hasil foto tetap nampak bagus tapi dengan noise yang lebih minimal.

Menggunakan fitur flash
Untuk menghasilkan foto yang lebih memukau dan dramatis, penggunaan flash sangat disarankan. Kendala terbesar dalam  memotret malam hari adalah kondisi cahaya yang kurang memadai. Dengan penggunaan lampu flash, maka hasil jepretan kamera lebih memuaskan.

Memotret malam hari
Memotret malam hari

Menerapkan teknik Bracketing
Walaupun sudah termasuk mahir dalam dunia fotografi, biasanya untuk memperoleh hasil foto yang cantik sekali jepret cenderung sulit dilakukan.  Perubahan intensitas cahaya, semisal proses matahari tenggelam, maka menjadi tantangan besar ketika akan menentukan eksposur yang lebih tepat. Tapi hambatan ini bisa diatasi, salah satunya dengan penerapan teknik bracketing. Baca Juga : Tips Menciptakan Foto Berkualitas Dengan Kamera Ponsel

Jadi lakukan pengambilan gambar sesuai lightmeter kamera. Kemudian lakukan pengambilan gambar kembali, tapi lightmeter ditingkatkan dan diturunkan sebanyak satu atau dua tingkat. Produk kamera SLR tertentu sudah ada yang dilengkapi dengan fitur bracketing secara otomatis. Dengan demikian tidak perlu kerepotan lagi melakukan pengaturan secara manual.

Jangan lelah untuk terus berlatih
Biasanya hasil bidikan kamera terbaik saat memotret malam hari, tidak cukup hanya sekali saja. Anda mungkin harus mengulanginya beberapa kali, untuk benar-benar menghasilkan karya foto yang berkualitas dan bernilai seni tinggi. Jangan berhenti untuk terus berlatih, sampai menemukan hasil foto terbaik. Dengan menggunakan kamera digital hal ini tidak terlalu dikhawatirkan. Karena tidak membutuhkan pembelian film dan juga biaya cuci cetak foto. Seperti pada era kamera non digital.

Mungkin masih banyak tips yang bisa Anda terapkan saat memotret malam hari. Tapi dengan menerapkan beberapa tips di atas, sudah sangat mendukung ketika menciptakan hasil foto yang menarik. Sehingga Anda sangat bangga dan percaya diri memamerkannya kepada teman dan bahkan memostingnya di blog atau sosial media.

Poskan Komentar