Jenis Aksesoris Kamera Untuk Fotografer

Jenis aksesoris kamera sangat beragam, tergantung dari kebutuhan penggunanya. Tapi secara umum terdapat delapan aksesoris kamera yang sebaiknya dimiliki oleh seorang fotografer. Karena sangat menunjang saat mengoperasikannya, termasuk saat membawa dan menyimpannya. Apa saja sejumlah aksesoris kamera yang bisa Anda miliki?

Reflektor
Ragam bentuk reflektor bermacam-macam, ada yang bisa dilipat dan ada yang tidak. Ukurannya bisa kecil ataupun besar. Yang paling penting dalam pemilihan aksesoris ini adalah dapat memantulkan cahaya dengan lembut, khususnya pada objek yang akan dijadikan foto. Baca Juga : Tips Membersihkan Sensor Kamera DSLR


JENIS Aksesoris Kamera Untuk Fotografer
Jenis aksesoris kamera


Berikut adalah beberapa jenis aksesoris kamera yang bisa anda gunakan :

Blower
Peralatan ini berfungsi untuk menghembuskan angin, ketika sedang membersihkan kamera dan lensanya dari paparan debu. Cara ini tujuannya untuk terhindar dari potensi lensa tergores. Dengan begitu, lensa kamera akan lebih awet dan tahan lama. Termasuk bisa menciptakan kualitas foto terbaik. Peralatan ini sebaiknya dibawa untuk melengkapi jenis aksesoris kamera.

Lens pens atau pena lensa
Lens pen berfungsi saat pembersihan komponen kamera dari paparan debu. Peralatan ini khususnya digunakan di bagian terluar kamera dan juga permukaan lensa. Cara pembersihan lensa harus esktra hati-hati. Termasuk membersihkan kuas yang digunakan untuk membersihkan lensa. Jadi wajib selalu membersihkan kuas setelah digunakan untuk membersihkan lensa kamera.

Remote shutter release
Aksesoris kamera ini membantu dalam mengontrol shutter kamera, tanpa menyentuh bagian tombol shutter secara langsung. Terdapat dua tipe remote shutter release, yaitu tanpa kabel atau wireless dan wired atau kabel). Kalau kamera yang digunakan sangat kompatibel dengan kedua jenis kabel tersebut, ada baiknya memilih tipe wireless. Adanya aksesoris ini sangat membantu, khususnya ketika melakukan self portrait.


Tripod
alau ingin mendapatkan posisi yang stabil dan kokoh ketika memotret, Anda bisa menancapkan kamera pada tripod. Cara ini diterapkan terutama  ketika pemotretan makro, ingin mendapatkan komposisi foto tertentu dan kondisi minim cahaya. Peralatan ini bisa mengurangi risiko hasil foto nampak blur. Dengan menggunakan tripod, maka dapat menyeting shutter speed semakin lama. Beragam jenis dan ukuran tripod sangat banyak tersedia di pasaran. Anda bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan.

Strap kamera
Kalau Anda penggemar traveling, maka kamera menjadi gadget yang wajib dibawa. Kalau ingin lebih nyaman dalam menggunakan kamera, sangat direkomendasikan selalu membawa strap kamera. Pada saat pembelian produk kamera baru, biasanya sudah dilengkapi dengan  aksesoris strap kamera. Tapi kalau dirasa kurang nyaman, Anda bisa menggantinya dengan yang lebih baik dan nyaman. Sangat penting untuk memastikan strap kamera itu gampang ketika digunakan. Ketika pengambilan gambar. Khususnya di saat memotret gambar yang posisi pengambilannya sangat sulit. Baca Juga : Tips Perawatan Lensa dan Kamera DSLR


JENIS Aksesoris Kamera Untuk Fotografer
Jenis aksesoris kamera


Rain cover
Ketika turun hujan biasanya Anda tidak mau menyerah atau berhenti dari aktivitas fotografi. Sehingga dibutuhkan peralatan khusus untuk mendukung keinginan ini. Anda bisa memanfaatkan rain cover. Karena tetesan air hujan berpeluang besar mengakibatkan kamera dan lensanya terserang karatan dan jamuran. Kalau mengenakan rain cover saat pemotretan di saat sedang hujan, maka kondisi merugikan itu bisa dicegah. Anda pun bisa lebih leluasa dalam memotret, meskipun sedang hujan. Tanpa khawatir kamera dan lensa akan mengalami kerusakan.

Tas kamera
Sebaiknya dalam menempatkan kamera tidak di dalam tas biasa, tapi memang tas tersebut didesain khusus untuk menyimpan kamera. Tas kamera terbaik tentunya memiliki desain memadai untuk menyimpan kamera dan menggunakan bahan yang tepat. sehingga lebih tahan terhadap goncangan dan benturan. Agar tidak kerepotan saat dibawa kemana-mana, pastikan tetap nyaman untuk digunakan.

Di dalam tas kamera ini, seharusnya terdapat berbagai bagian khusus untuk penyimpanan komponen kamera. Seperti flash, lensa tambahan, bodi kamera dan berbagai aksesoris lainnya. Ada baiknya memilih tas yang ukurannya sesuai dengan dimensi kamera Anda. Jenis aksesoris kamera ini sebaiknya dimiliki, agar mendukung perawatan kamera.

Poskan Komentar