TIPS Membersihkan Sensor Kamera DSLR

Membersihkan sensor kamera DSLR tentunya tidak boleh sembarangan. Karena sensor kamera adalah komponen yang sangat penting di dalam kamera DSLR (Digital Single Lens Reflex). Kalau sensor kameranya bagus, maka bisa juga menciptakan hasil jeperetan yang bagus. Komponen ini adalah sensor penangkap gambar yang terdiri atas jutaan piksel.

Kalau jeperetan foto nampak garis hitam atau bintik hitam, kemungkinan karena sensor kamera  sudah jamuran atau terkena debu. Setiap merek kamera biasanya mempunyai tata letak tersendiri untuk sensor kameranya. Sebelum membersihkannya, sebaiknya membaca dahulu panduan manualnya. Apa saja tips membersihkan sensor kamera DSLR yang bisa diterapkan? Baca juga : Tips Perawatan Lensa dan Kamera DSLR

Membersihkan sensor kamera DSLR
Membersihkan sensor kamera DSLR


Berikut ini adalah cara Membersihkan sensor kamera DSLR yang benar

Memahami cara kerja sensor kamera
Sebelum Anda memulai pembersihan sensor kamera, sangat penting untuk memahami cara  kerja dari komponen tersebut. Kalau merasa kalau hal ini adalah pekerjaan rumit dan kurang nyaman, maka sangat disarankan untuk diserahkan kepada ahlinya. Anda bisa menggunakan jasa perbaikan dan perawatan kamera terdekat dan terpercaya. Sehingga bisa lebih tepat dalam membersihkan sensor kamera DSLR.

Memastikan lingkungan terjaga kebersihannya
Ketika akan membersihkan sensor kamera, maka Anda harus memastikan kalau lingkungan terjaga kebersihannya. Pastikan lingkungan terbebas dari debu dan kotoran lainnya yang mudah melekat pada sensor kamera. Penting juga untuk memastikan kebersihan dari peralatan yang akan digunakan. Karena kotoran dan debu bisa pada peralatan tersebut bisa pindah ke sensor kamera DSLR. Kalau memang tidak bisa menemukan kawasan yang benar-benar terjaga kebersihanya, wajib menunda untuk membersihkannya.

Memperhatikan partikel kecil
Ketika membersihkan sensor kamera DSLR, harus ekstra hati-hati dan memastikan kalau tidak terdapat partikel kecil yang melekat pada perangkat untuk pembersihan. Karena partikel kecil itu bisa mengakibatkan goresan pada permukaan sensor kamera. Hal ini sangat penting dalam proses membersihkan sensor kamera DSLR.

Menggunakan peralatan khusus
Anda bisa menemukan alat khusus untuk membersihkan sensor kamera di berbagai toko kamera. Sehingga dengan bantuan peralatan itu, proses pembersihan sensor bisa berlangsung lebih mudah dan cepat. Langkah awal yang harus diterapkan adalah menghilangkan debu memakai blower. Jangan pernah meniup debu yang melekat pada sensor kamera secara sembarangan. Karena tindakan itu bisa merusak kamera.

Menggunakan sikat yang lembut
Untuk membersihkan sensor kamera, Anda bisa memakai sikat lembut atau yang biasa dinamakan sebagai cencor  brush. Peralatan ini dilengkapi dengan bulu lembut, yang bisa melenyapkan partikel debu. Tapi jangan lupa untuk secara rutin melakukan pembersihan pada alat sikat lembut tersebut. Baca Juga : Harga Kamera Canon 500d Terbaru 

Menerapkan metode wet cleaning
Kalau sensor kamera terdapat kotoran atau debu yang sulit dihilangkan, disarankan untuk menerapkan metode wet cleaning. Anda bisa memakai cotton buds yang sebelumnya direndam cairan pembersih. Ketika pembersihan debu ini, sebaiknya menggunakan cotton buds satu arah dan pastikan alat yang digunakan tidak terkontaminasi kotoran.

Membersihkan sensor kamera DSLR
sensor kamera DSLR

Menerapkan prosedur cencor cleaning
Kalau sudah menerapkan pembersihan sensor kamera dengan cara manual, sangat dianjurkan untuk selalu menerapkan cara pembersihan sensor dengan cara otomatis. Anda bisa menggunakan prosedur cencor cleaning atau cara pembersihan otomatis pada sensor kamera. Cara ini bisa diterapkan saat sebelum dan setelah memakai kamera.

Dengan penerapan berbagai tips membersihkan sensor kamera DSLR di atas. Maka sensor kamera DSLR Anda akan terawat dengan baik. Sehingga bisa menciptakan foto berkualitas tinggi. Komponen kamera, seperti sensor kamera memang membutuhkan pola perawatan khusus. Tapi kalau selalu menerapkannya, maka tidak akan kesulitan untuk menerapakannya dengan rutin.
Poskan Komentar