TIPS Memakai Lensa Fisheye Dengan Mudah

TIPS Memakai Lensa Fisheye Dengan Mudah - Memakai lensa fisheye semakin familiar digunakan dalam dunia fotografi. Pengalaman fotografi Anda semakin menyenangkan dengan menggunakan lensa fisheye. Lensa tersebut bisa memberikan efek surealis yang melengkung pada gambar. Perangkat ini sangat mendukung menciptakan hasil foto yang lebih kreatif dan memikat. Sejumlah tips berikut ini, sangat mendukung untuk menghasilkan foto terbaik dengan memakai lensa fisheye. Baca Juga : Tips Perawatan Lensa dan Kamera DSLR


Memakai lensa fisheye
lensa fisheye

Pemilihan lensa fisheye yang tepat
Aneka ragam lensa fisheye  sangat mudah ditemukan di pasaran. Dengan demikian, harus lebih selektif dalam pemilihannya. Agar yang dibeli benar-benar berkualitas tinggi. Lensa fisheye ditawarkan dengan beragam rentang harga tertentu. Setiap vendor kamera biasanya akan menjual lensa fisheye sesuai dengan produk kameranya. 

Tapi dijumpai juga lensa fisheye dari produksi pihak ketiga, jadi bukan hasil kreasi vendor kamera. Harga yang ditawarkan biasanya lebih terjangkau. kalau Anda lebih tertarik dengan lensa fisheye tersebut, jangan lupa memilih yang paling kompatibel dengan kameranya. Cara ini adalah langkah awal dalam memakai lensa fisheye.

Memilih obyek fotografi
Untuk menghasilkan foto terbaik, sebaiknya memutuskan obyek foto yang akan dipotret memakai lensa fisheye.  Pada umumnya lensa ini akan bekerja optimal dengan jarak dekat. Mirip dengan kemampuan lensa sudut lebar atau wide angle lainnya. Dengan lensa ini, Anda bisa mendapatkan gambar pemandangan yang lebih bagus. 

untuk memperoleh efek foto yang unik saat memakai lensa fisheye, bisa membidik obyek foto pada sudut yang tidak umum. Seperti mengambilnya dari atas ketinggian dan membidiknya ke arah bawah. Bisa juga sebaliknya dari bawah membidik obyek di ketinggian.

Memasang lensa pada kamera
Pemasangan lensa fisheye sama saat pemasangan lensa jenis lainnya. Agar memastikan terpasang dengan baik, pastikan lensa sudah terkunci secara baik pada bodi kamera. Dengan begitu lensa tersebut terpasang sangat aman atau mencegahnya terjatuh saat digunakan.

Mengubah setingan kamera
Agar hasil jepretan lebih baik, sebaiknya melakukan penyetingan di aperture priority. Pada kamera bisanya memiliki simbol Av. Jangan lupa juga untuk melakukan pengaturan aperture di F5.6.pengaturan ini akan menjadikan kamera bisa menghasilkan foto yang seimbang. Karena lensa bisa mengukur jumlah cahaya yang masuk.

Membidik melalui viewfinder
Sebaiknya membidik obyek foto melalui viewfinder. Cara ini lebih memberikan gagasan berkaitan dengan hasil gambar. Anda bisa mengatur fokus dari obyek foto yang terletak di tengah. Karena obyek yang terletak di sisi pinggir viewfinder, akan terjadi distorsi sangat besar.

Memakai lensa fisheye
lensa fisheye

Sebaiknya mendekati obyek foto
Memakai lensa fisheye sangat efektif hasilnya, kalau dipakai dalam jarak dekat. Oleh karenanya sangat disarankan untuk tidak mengambil gambar pada jarak yang terlalu jauh. Semakin dekat posisi Anda dengan obyek foto dan semakin ekstrim sudut pengambilan gambarnya, maka hasil foto semakin dramatis efek lensa fisheye-nya. Sangat banyak pilihan obyek foto dalam jarak dekat yang bisa menjadi bidikan Anda.

Sering melakukan latihan pemotretan 
Untuk bisa mengembangkan kreatifitasan pengambilan gambar memakai lensa fisheye, sangat disarankan untuk terus berlatih. Semakin banyak eksperimen yang dilakukan dengan berbagai obyek foto, maka Anda akan semakin mahir dalam memaksimalkan efek dari yang dihasilkan lensa fisheye. Anda bisa menciptakan berbagai karya memukau dengan lensa fisheye, yang mungkin belum terdapat di pasaran.

Semakin banyak obyek foto dan dibarengi dengan kreatifitasan, maka semakin beragam karya foto yang tercipta. Inilah setidaknya berbagai Tips Memakai Lensa Fisheye Dengan Mudah yang bisa diterapkan saat memakai lensa fisheye. Sehingga bisa menghasilkan gagasan dan karya terbaik. 

Poskan Komentar