Tips Dan Trik Memotret Dalam Air Untuk Pemula

Tips dan Trik Memotret Dalam Air - Jaman sekarang, sudah banyak kreatifitas yang berkembang dalam dunia fotografi. Beberapa waktu belakangan ada satu kegiatan memotret yang sedang in : Photography Underwater. Tentunya diperlukan persiapan yang matang, terutama kemampuan berenang dan menyelam serta pengetahuan tentang keamanan berenang. Dan juga harus memperhatikan beberapa faktor kondisi pendting dalan fotografi bawah air. Nah, mau tahu apa saja tips dan trik memotret dalam air? Yuk, simak ulasannya berikut ini :

Tips Dan Trik Memotret Dalam Air

Berikut tips dan trik memotret dalam air:


Persiapkan Peralatan Diving Dan Ikuti Prosedur Keamanannya
Kemampuan menyelam yang baik sangat dibutuhkan untuk memulai fotografi bawah air, terutama dalam mengatur nafas. Nah, selain kemampuan berenang, persiapkan pula peralatan menyelam yang memadai agar kegiatan fotografi bawah air semakin lancar. Caranya adalah dengan memastikan segala peralatan diving berfungsi dengan baik untuk beberapa waktu ke depan.

Pelajari Ekosistem Bawah Air


Tips Dan Trik Memotret Dalam Air

Fotografi bawah air pada umumnya dilakukan pada spot-spot menarik bawah laut, seperti taman laut penuh terumbu karang, hewan laut seperti moluska, ikan bercorak cantik, dan anggota ekosistem lainnya. Untuk memastikan hasil tangkap kamera tidak mengalami gangguan dari hewan laut, maka fotografer diharuskan memiliki pengetahuan tentang ekosistem laut dan bagaimana cara menangkap gambar tanpa membuat hewan laut merasa terganggu.

Baca juga: Cara dan tips memotret saat malam hari

Persiapan Peralatan : Kamera DSLR atau Waterproof


Tips Dan Trik Memotret Dalam Air

Modal utama dalam fotografi adalah sebuah kamera. Dan persiapan fotografi underwater tentu harus lebih matang dan sedikit lebih rumit. Seperti memilih housing yang aman dan dapat melindungi kamera serta lensa dari masuknya air kedalam komponen. Namun, akan lebih baik jika menggunakan kamera dan lensa yang memang sesuai dengan fotografi underwater, seperti kamera Canon Waterproof PowerShot D10.

Tips Dan Trik Memotret Dalam Air
Selain menggunakan housing atau kamera khusus pemotretan bawah laut, gunakan juga strobe dan continues lamp. Meski tidak terlalu diperlukan karena kamera sudah dilengkapi dengan flash, hasil foto akan lebih optimal dan ekspresif dengan menggunakan 2 lampu kilat tambahan tersebut. Ingin hasil yang lebih menarik? Tambahkan filter dan wet lens.

Kreatif, Sabar dan Konsistensi
Tips dan trik memotret dalam air berikutnya adalah tetap sabar dan konsisten selama memotret. Potretlah sebanyak mungkin selama berada di dalam air, dan hindari untuk melakukan deleting dalam air. Selain 2 hal tersebut, ketelitian juga sangat diperlukan. Mengambil objek gambar agar berkesan anggun dan eksotis, fotografer pemula dapat mengambil lebih low angle. Dan untuk menghindari kesan foto yang gampang dijiplak, kreatifitas mutlak dibutuhkan disini. Potret objek dari angle berbeda dan buat semenarik mungkin.

Pengaturan Kamera dan Lensa Sejak Awal
Ya, sebelum memakai perlengkapan menyelam kemudian masuk ke air, atur terlebih dahulu peralatan fotografi bawah air. Seperti mengatur makro tau wide, serta mengatur lensa yang akan dipakai. Pakai juga filter untuk menghasilkan foto yang lebih impresif.

Model Yang Ekspresif


Tips Dan Trik Memotret Dalam Air

Untuk menghasilkan gambar bawah air dengan model sebagai objeknya, tentu fotografer harus mempunyai sebuah konsep dan tema yang matang, karakter seperti apa yang ingin fotografer sampaikan dalam karyanya. Buatlah sebuah tema yang unik, dan garap dengan matang.

Dengan tips dan trik memotret dalam air untuk pemula diatas, fotografer bisa mendapatkan hasil gambar maksimal, berkualitas tinggi, tanpa gangguan binatang laut, dan tentunya aman dalam menyelam. Semoga bermanfaat.
Poskan Komentar