Pentax WG-3: Si Orange dan Hitam yang Tahan Air

Pentax WG-3 adalah salah satu jenis kamera yang spesialisasinya digunakan untuk mengambil gambar di dalam air. Jenis kamera ini merupakan salah satu dari tiga jenis kamera yang dikeluarkan Pentax. Jenis kamera Pentax lain adalah Pentax WG-3 GPS serta Pentax WG-10. Banyak orang yang telah mengenal jenis kamera yang satu ini. Bahkan, kamera yang satu ini menjadi primadona bagi pecinta foto underwater. Untuk memuluskan kinerjanya, Pentax WG-3 ini dilengkapi dengan berbagai kelengkapan yang dapat memuaskan pemakainya.

Meskipun Pentax WG-3 dianggap sangat cocok untuk pengambilan gambar dalam air hingga mencapai 45 meter kedalaman air, jenis kamera ini masih belum mencapai titik sempurna. Untuk itu, Pentax membuat jenis kamera Pentax dengan fitur yang lebih disempurnakan. Hal ini dilakukan untuk menjawab kebutuhan konsumen yang memerlukan fitur tambahan untuk kinerja yang lebih baik lagi. Meski demikian, Pentax dengan jenis WG-3 masih tetap banyak diminati di kalangan masyarakat.

Menilik Kelebihan dan Kekurangan Pentax WG-3

Produk hasil buatan manusia tidak ada yang sempurna. Biasanya para produsen hanya melihat dan menjawab kebutuhan pada saat tertentu saja. Sehingga, pada saatnya nanti, produk tersebut akan mulai tergeser saat kebutuhan semakin meningkat. Hal ini juga berlaku pada Pentax WG-3. Jenis kamera ini memiliki fitur yang kekinian yang mungkin beberapa waktu yang lalu belum terpikirkan oleh manusia. Sebelumnya, mengambil gambar (memotret) di dalam air merupakan hal yang mustahil. Namun, saat ini membuat foto underwater merupakan trend yang sedang berkembang di masyarakat. Meskipun jenis kamera ini telah dibuat dengan semaksimal mungkin, nyatanya banyak kekurangan baik dari segi ukuran maupun fiturnya. Apa kelebihan dan kekurangan Pentax WG-3?

Kelebihan pertama Pentax WG-3 terletak pada kerapatan pikselnya, yaitu 333ppi. Piksel ini lebih tinggi dari pada Pentax Optio WG-2 GPS. Jika dilihat dari sisi kestabilan gambar, jenis kamera ini memiliki kestabilan gambar yang cukup baik karena adanya sensor gyroscopic. Jenis sensor ini berguna untuk mengetahui apakah ada getaran lensa, kamera, serta sensor yang bergerak untuk menyesuaikan jalur optik. Selanjutnya, Pentax WG-3 didukung dengan format AVCHD dan memiliki autofokus yang cepat, serta dapat mengambil gambar bergerak dari jarak yang jauh secara otomatis (mode HDR). Sehingga, kamera ini memiliki standar untuk menjadi sebuah kamera professional. Selain itu, jenis kamera Pentax yang satu ini memiliki luas aperture 2, mempunyai HDMI dan Back Illuminated Sendor (BSI).

Kekurangan Pentax WG-3 adalah terletak pada ukurannya. Kamera dalam air seharusnya memiliki ukuran yang ramping, namun jenis kamera Pentax ini memiliki ukuran 258 cm3. Dengan memiliki ukuran yang lumayan besar, berat kamera ini pun juga lebih berat, yaitu 229 g. Selanjutnya, Pentax WG-3 tidak memiliki fitur GPS, sehingga jenis ini tidak dapat melakukan image geo-tagging. Dengan demikian, kamera ini tidak dapat melakukan pencatatan ukuran tekanan, kedalaman, serta ketinggian tempat saat pengambilan gambar.
Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan Pentax WG-3. Melihat kelebihan yang disebutkan di atas, dapat dilihat bahwa jenis kamera ini dapat dikategorikan sebagai kamera professional. Banyak sekali fitur-fitur yang mendukung keamanan dan kenyamanan kamera saat digunakan untuk mengambil gambar di dalam air. Ukurannya yang lumayan yang besar mungkin akan menjadi sedikit kendala bagi ada. Namun, nyatanya kamera ini tetap nyaman saat dipegang. Dengan demikian, jenis kamera Pentax yang satu ini dapat menjadi pilihan bagi Anda.
Poskan Komentar