3 Cara Mudah Merawat Kamera Digital

Satu hal yang seringkali dilupakan oleh para pemilik kamera digital adalah cara merawat kamera digital yang mereka punyai. Kamera digital sangat mudah digunakan, namun tidak banyak yang tahu cara merawat kamera digital dengan baik dan benar. Tidak jarang beberapa pemilik kamera digital mengeluhkan kerusakan yang terjadi pada kameranya meski baru beberapa tahun dibeli. Karena itulah penting mengetahui cara merawat kamera dengan baik sehingga kamera yang Anda gunakan selalu awet dan memiliki usia yang panjang. Baca Juga : Belajar Fotografi dengan Kamera DSLR

cara merawat kamera digital

Rutin Menjaga Kebersihan Kamera
Hal pertama yang harus Anda pastikan untuk mendapatkan kamera yang selalu awet dalam jangka waktu yang lama adalah kebersihannya. Lakukan pembersihan kamera dengan rutin sehingga kamera Anda terbebas dari kotoran baik debu maupun kotoran lainnya yang memenuhi bagian-bagian sempit yang tidak terjangkau pada kamera. Sangat dianjurkan untuk menggunakan lap yang sangat lembut seperti kain microfiber untuk membersihkan bagian luar kamera. Sedangkan untuk membersihkan kamera bagian dalam dapat menggunakan blower. Pembersihan bagian luar dan dalam kamera ini harus Anda lakukan beberapa minggu sekali sehingga kamera Anda bebas dari kotoran yang dapat merusak beberapa fungsi normal kamera digital Anda. Selama proses pembersihan kamera, hindari menekan dan meniup lensa kamera. Kedua hal tersebut dapat merusak kamera digital Anda.

Tempat Penyimpanan Kamera
Selain rutin menjaga kebersihan kamera, cara merawat kamera digital Anda berikutnya adalah dengan memperhatikan tempat penyimpanan kamera milik Anda. Tempat yang mudah dijangkau anak kecil adalah tempat yang sangat beresiko untuk menyimpan kamera digital Anda. Carilah tempat yang aman dan kering untuk menyimpan kamera Anda. Jika lemari merupakan tempat teraman maka masukkan ke dalam lemari. Namun sebelum menyimpannya dalam lemari, pastikan kondisi lemari Anda tidak lembab dan mudah ditumbuhi jamur. Jamur dapat tumbuh memenuhi kamera dan merusak lensa kamera. Selain itu jauhkan kamera dari kapur barus yang seringkali berada dalam lemari. Kapur barus yang menguap akan dengan mudah merusak beberapa komponen cip dalam kamera. Baca Juga : Mengenal Macam dan Jenis Kamera Digital

Selain menghindari tempat lembab, tempat yang dekat dengan air juga harus dihindari. Terutama air laut memiliki sifat perusak bagi kamera. Jika kamera digital Anda terkena air, segera keringkan dengan lap kering yang lembut atau dengan alat peniup yang akan membuat air cepat hilang dari kamera. Hindari juga tempat menyimpan kamera yang berada dalam jangkauan sinar matahari secara langsung. Beberapa kamera sangat sensitif terhadap sinar matahari. Bahkan beberapa komponen plastik yang ada pada kamera dapat meleleh karena paparan sinar matahari secara langsung. Hindari juga menyimpan kamera dengan baterai tetap berada di dalamnya. Sebaiknya lepaskan baterai jika kamera Anda tidak digunakan. Hal ini untuk menghindari sifat korosif baterai yang dapat merusak komponen kamera lainnya.

cara merawat kamera digital

Merawat Lensa
Salah satu komponen kamera yang sangat penting adalah lensa kamera. Untuk membuat kamera Anda tetap awet, memperhatikan lensa adalah sebuah keharusan. Tidak perlu sering dibersihkan, namun lensa kamera harus selalu terjaga kebersihannya. Bersihkan lensa seperlunya untuk menghindari kotoran menempel pada lensa. Untuk membersihkan lensa sangat dianjurkan untuk menggunakan kain khusus sehingga lensa lebih terjaga terutama dari goresan kain yang digunakan untuk membersihkannya. Sebaiknya berikan pelindung pada lensa baik untuk bagian depan maupun belakang. Bila perlu pasang filter ultra violet dan bodycup untuk bagian belakang kamera. Cara merawat kamera digital dengan memastikan kondisi lensa dapat membuat kamera digital Anda lebih awet.
Poskan Komentar