3 Cara Mudah Memilih Kamera DSLR

3 Cara Mudah Memilih Kamera DSLR - Jatuh hati dengan fotografi tapi bingung memilih kamera DSLR idaman Anda? Hal ini seringkali terjadi pada fotografer pemula yang ingin memulai belajar fotografi. Biasanya kebingungan ini terjadi karena kurangnya wawasan tentang kamera yang hendak dibeli. Karena itu sangat direkomendasikan untuk mencari tahu terlebih dahulu jenis kamera DSLR yang sangat Anda idamkan. Dengan demikian Anda tidak akan tersesat apalagi tertipu saat memilih kamera yang menjadi idaman Anda. Berikut ini adalah beberapa cara mudah yang dapat Anda lakukan untuk memilih kamera DSLR terbaik yang akan membantu Anda menghasilkan gambar yang luar biasa menakjubkan untuk seorang fotografer pemula. Baca juga : 3 Cara Mudah Merawat Kamera Digital

3 Cara Mudah Memilih Kamera DSLR
memilih kamera DSLR yang tepat

Jangan Memperhatikan Merek
Tidak keliru jika Anda mengincar kamera DSLR dengan merek tertentu. Namun terkadang merek ini seringkali menipu karena justru tidak memiliki fitur yang Anda inginkan. Karena itu untuk memilih kamera yang tepat untuk Anda, jangan mempertimbangkan merek melainkan pertimbangkan kelebihan yang dimiliki kamera tersebut. Bukan hanya kelebihan dari segi harga yang murah, lebih penting mempertimbangkan fitur-fitur yang dimiliki kamera tersebut. Biasanya kamera DSLR dengan merek tertentu memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh kamera DSLR lainnya. Saat membeli kamera DSLR pertimbangkan baik-baik kelebihan dan kelemahan yang ada dalam fitur kamera tersebut bukan mempertimbangkan mereknya. Bahkan beberapa kamera DSLR dengan merek tertentu jauh lebih mudah digunakan ketimbang kamera dengan merek lainnya. Dengan pertimbangan ini Anda tidak akan kecewa ketika memutuskan untuk memilih kamera DSLR tertentu karena sudah Anda pertimbangkan masak-masak semua fitur yang ada di dalamnya bukan hanya melihat mereknya. 

Resolusi dan ISO
Pertimbangan lainnya untuk membeli kamera DSLR adalah dengan memperhatikan resolusi kamera yang Anda pilih. Resolusi kamera penting menjadi pertimbangan karena resolusi nantinya akan menentukan kualitas gambar yang dihasilkan oleh kamera setelah melakukan bidikan. Resolusi yang biasa dimiliki kamera DSLR beragam. Namun biasanya resolusi minimal yang dimiliki kamera DSLR adalah 12 megapixel. Jika ada kamera DSLR yang memiliki resolusi dibawah resolusi minimal tersebut, bisa dipastikan bahwa kamera tersebut tidak layak dipilih apalagi digunakan untuk belajar fotografi meski Anda adalah seorang pemula. Sangat dianjurkan untuk memilih kamera DSLR yang memiliki resolusi minimal 12 megapixel atau bahkan lebih besar dari 12 megapixel. Karena semaki besar resolusi kamera DSLR yang Anda miliki, maka semakin bagus pula kualitas gambar yang Anda hasilkan nantinya. Sama halnya dengan resolusi kamera yang harus besar, ISO juga demikian. Kamera DSLR dengan ISO kamera yang besar akan membuat kepekaan kamera terhadapap cahaya semakin bagus. Hal ini tentunya akan berpengaruh juga pada kualitas gambar yang dihasilkan setiap kali kamera DSLR melakukan bidikan. 



memilih kamera DSLR
memilih kamera DSLR sesuai kebutuhan

Sesuaikan dengan Kebutuhan
Tidak bisa dipungkiri bahwa kamera DSLR yang bagus juga akan menghasilkan gambar dengan kualitas yang bagus. Namun kemampuan juga menunjang kualitas gambar yang Anda hasilkan dari bidikan kamera yang Anda gunakan. Karena itu saat Anda memilih kamera DSLR terbaik yang Anda inginkan, jangan lupa untuk mempertimbangkan kebutuhan Anda akan kamera tersebut. Mempertimbangkan kebutuhan akan membuat Anda lebih bijaksana dalam memilih jenis kamera DSLR yang hendak Anda beli. Jika Anda hanya menggunakan kamera untuk keperluan dokumentasi biasa semisal pesta ulang tahun anak atau anggota keluarga, atau untuk keperluan dokumentasi acara kantor biasa, maka kamera DSLR untuk pemula cukup bagi Anda. Sebaliknya jika kamera Anda gunakan untuk keperluan pekerjaan yang menuntut mengambil beberapa foto dengan kondisi yang menantang, Anda dapat memilih kamera DSLR menengah atau bahkan profesional.
Poskan Komentar