Camera Digital: Pengertian dan Komponen-Komponennya

Camera Digital atau sering juga disebut sebagai kamera pocket merupakan kamera yang berbeda dari kamera analog. Kamera analog sendiri memiliki sistem kerja yang menggunakan media sebagai sarana dalam menangkap gambar ataupun cahaya. Sementara Camera Digital merupakan kamera yang menghasilkan gambar dengan menggunakan sensor yang ada di belakang lensa. Setelah itu data mentah dalam bentuk digital dikirimkan dan diterima prosessor kamera. Data tersebutlah yang diolah dan juga disimpan pada media penyimpanan data. Untuk media penyimpanannya sendiri di antaranya yaitu Compact Flash (CF), Multi Media Card (MMC) dan Secure Digital (SD).
Gambar yang ditangkap oleh Camera Digital belum dapat dicetak, namun sudah dapat dilihat. Anda dapat melihat hasil tangkapan gambarnya di layar kamera tersebut. Jika hasil tangkapannya kurang bagus maka Anda dapat menghapus gambar tersebut. Jika sudah bagus maka biarkan saja dan secara otomatis sudah tersimpan dalam media penyimpanan Camera Digital. Keuntungan menggunakan kamera digital adalah pengambilan gambar secara instan. Selain itu transfer data juga dapat dilakukan secara mudah. Kelebihan lainnya dari kamera digital adalah bentuknya yang mini sehingga sering juga disebut sebagai kamera saku.

Komponen-Komponen Camera Digital

Ada beberapa komponen dalam kamera digital yang penting untuk Anda ketahui yang dapat Anda ketahui dari Camera Digital review berikut. Di antaranya yaitu:
-          Sensor
Sensor kamera digital merupakan sensor yang menangkap gambar, disebut juga dengan CCD (Charged Coupled Device) dan juga BSI-CMOS (Back Side Iluminated-Comlementary Metal Oxide Semiconductore).
-          Layar LCD
Komponen lain dari Camera Digital yaitu layar LCD, layar ini merupakan layar yang ada di bagian belakang kamera digital. Layar ini digunakan untuk melihat pengaturan kamera digital, selain itu digunakan juga untuk melihat hasil gambar bidikan sementara.
-          Media penyimpanan
Media penyimpanan merupakan alat yang digunakan untuk menyimpan hasil gambar yang sudah ditangkap oleh kamera digital. Beberapa Camera Digital dilengkapi dengan memori internal sehingga tidak membutuhkan memori eksternal. Namun ada juga yang tidak dilengkapi dengan memori internal sehingga membutuhkan memori eksternal.
-          Shutter
Shutter merupakan tombol atau pemetik yang digunakan untuk pengambilan gambar.
-          Black Box
Black Box atau body Camera Digital merupakan body dari kamera digital yang berwarna hitam sehingga tidak memantulkan cahaya.
-          Lensa
Komponen lain dari kamera digital yaitu lensa, yaitu benda tembus cahaya yang memiliki 2 bidang permukaan. Di mana salah satu permukaan atau bahkan dua-duanya memiliki bentuk melengkung. Setiap lensa mampu menghasilkan gambar dengan kualitas yang berbeda-beda. Jadi bagus tidaknya gambar juga dipengaruhi oleh penggunaan lensa Camera Digital itu sendiri.

Sebenarnya kamera pocket atau Compact Digital Camera merupakan salah satu jenis kamera digital. Kamera ini memang varian kamera digital yang paling mungil sehingga dapat disimpan di dalam saku. Sementara kamera digital lainnya yaitu Bridge Compact Digital Camera, kamera Mirrorless dan kamera DSLR. Setiap jenis kamera digital tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jika Anda ingin membeli Camera Digital, belilah sesuai dengan kebutuhan Anda.
Misal, jika Anda membutuhkan kamera mungil yang praktis di bawa ke mana saja tanpa memakan banyak tempat maka kamera pocket adalah solusi terbaik. Namun jika Anda membutuhkan Camera Digital yang mampu menghasilkan gambar dengan kualitas yang paling bagus, maka kamera DSLR merupakan pilihan tepat. Kamera DSLR memang dilengkapi dengan fitur dan teknologi tercanggih sehingga mampu menghasilkan gambar yang paling bagus. Untuk merek, beberapa merek kamera digital yang populer saat ini di antaranya yaitu Canon, Nikon, Sony dan Fujifilm. Anda dapat memilih salah satu merek Camera Digital sesuai selera.
Poskan Komentar