9 Pengaturan Dasar Pada Kamera DSLR dan Mirrorless

Untuk anda yang ingin terjun di dunia fotografi mungkin sedikit bingung dengan semua tombol manual yang ada di kamera DSLR atau Mirrorless yang dimiliki. Untuk itu kali ini kita akan membahas beberapa setting pada kamera yang bisa anda pelajari. Agar mudah untuk mendalami tentang kamera dan bisa menghasilkan hasil jepretan yang maksimal untuk kelas pemula.

Berikut 9 Pengaturan Bagian Kamera Yang Sering di Pakai

kartu memori


Kartu memori
Ketika awal sekali membeli kamera jenis DSLR atau Mirrorless, langsung masukan kartu memori kamera dan setting sesuai manajemen di masing-masing kamera tersebut. Agar hasil nanti bisa tersambung dengan baik maka perlu melakukan format.

Untuk jenis kamera D5500, bisa melalui langkah berikut ini. Pertama masuk ke menu >> setup menu >> Format. Untuk jenis kamera lainnya semisal Fuji X-E2 pertama pencet menu OK >> geser ke arah bawah menuju ke menu 3 >> lalu pilih Format.

cara setting ukuran gambar di kamera dslr


Setting dengan ukuran besar dan kualitas terbaik
Untuk memulai serius dalam dunia fotografi, penentuan kualitas gambar sangat perlu di lakukan. Agar lebih puas untuk setiap jepretan dan untuk mendapatkan kualitas gambar lebih baik dibanding untuk setting awal yaitu untuk kualitas lebih ringan .

Jika ingin mendapatkan space penyimpanan yang banyak bisa menggunakan format RAW, namun dipastikan anda harus mengetahui antara foto biasa dengan format JPEG atau RAW. Jika memilih format RAW, pastikan siapkan komputer dan perangkat lainnya untuk dapat konversi RAW ke format standart.

cara mengatur iso kamera


ISO
Pengertian ISO sendiri adalah dimana pengaturan jumlah cahaya yang masuk ketika pengambilan gambar, jika menggunakan ISO yang tinggi semisal 6400 ini bisa digunakan di tempat yang remang atau minim cahaya untuk mengurangi gambar yang berbintik putih.

Sebaliknya jika ISO rendah semisal 100/200, jika pengambilang gambar di dalam ruangan akan rentan blur namun akan lebih baik jika dilakukan pengambilan gambar di luar ruangan. Namun jika masih bingung, ada baiknya anda yang masih pemula dalam dunia fotografi menggunakan settingan Auto, sehingga akan secara otomatis pengaturan menyesuaikan objek gambar yang di ambil.

cara setting pengaturan white balance kamera


White Balance
Setelan satu ini berfungsi untuk pengaturan warna pada gambar yang di ambil, jika salah setting dalam White Balancenya maka warna gambar akan terlihat aneh dan tidak menarik. Untuk awal ada baiknya pilih setting auto white balance untuk mendapatkan hasil yang sesuai.
Jika ingin belajar tentang white balance bisa lihat artikelnya kami sebelumnya.

Metering
Setting matering ini berfungsi untuk menentukan ukuran pantulan cahaya yang dipantulkan dari objek gambar yang di ambil, dengan mengkombinasikan antara shutter speed dan berapa pantulan lensa yang di dapat dari setiap gambar yang di ambil. 

Jika untuk anda yang masih awal memegang kamera Mirrorless atau DSLR maka untuk jenis kamera Canon biasanya menggunakan setting matering Evaluative jika untuk kamera Nikon menggunakan Matrik. Semua butuh jam terbang untuk bisa memahami setting ini karena perlu pengaturan center weighted, spot dan lainnya yang dibutuhkan.

Jika ingin belajar lebih dalam tentang Metering bisa baca artikel cara mengatur mode matering di kamera DSLR.

Fokus
Jika untuk awal mungkin untuk mengatur fokus kamera cukup menggunakan setting auto focus, namun jika ingin mendalami dengan mode lainnya seperti di mode AF atau single AF ( One Shot AF ). Dalam mode kini nanti akan mengunci suatu objek gambar dengan cara memencet tombol shutter lalu ambil gambarnya.

Seringlah berlatih menggunakan metode ini, untuk melancarkan mode pengambilan focus agar bisa mendapatkan gambar dengan focus yang tepat dan bagus dengan mode AF.

Drive Mode
Drive Mode ini yang menentukan kecepatan kamera dalam mengambil eksposure, dalam pilihan mode single Shot, cocok sekali untuk pengambilan gambar dalam keseharian saja. Karena untuk pemula mode ini nanti ketika anda menekan tombol shutter maka otomatis pengambilan gambar akan langsung dilakukan oleh kamera.

Mode Eksposure
Jika untuk pemula pasti bingung karena banyaknya istilah dalam dunia fotografi, namun untuk letaknya mode ini ada di bagian atas kamera DSLR atau Mirrorless yang berbentuk roda. Ada 3 pilihan menu mode dalam mode auto, Scene dan mode Program. Semua setting mode ini menentukan fokus nanti ketika pengambilan objek gambar.

Untuk tahap selanjutnya boleh mencoba mode lainnya seperti Aperture Priority atau Shutter Priority atau mau menjajal dengan pengalaman baru dengan mode manual jika ingin belajar lebih mendalam tentang mode ini silahkan baca artikel tentang Pengaturan Mode Ekpsoure Kamera.

Mengatur agar hasil menjadi tajam
Banyak yang baru memulai memakai kamera DLR dan Mirrorless bertanya bagaimana cara menghasilkan gambar agar menjadi tajam? Atau tidak blur.

Berikut ini ada artikel yang bisa menjawab beberapa keluahan anda. 20 cara mudah untuk mendapatkan foto tajam atau menganalisa 5 penyebab mengapa foto terlihat blur.

Semoga semua ulasan tentang pengaturan kamera untuk pemula ini bisa membantu anda, dan silahkan share jika dirasa artikel ini bermanfaat untuk sesama fotografer. Terima kasih

Poskan Komentar