-->

TIPS Cara Memilih Kamera Bagi Pemula SLR atau Pocket

Tips Cara Memilih Kamera Bagi Pemula SLR atau Pocket - Sekarang ini rasanya kamera sudah nggak bisa dipisahkan dengan aktivitas sehari-hari kita. Coba saja, saat membeli telepon selular, pastinya salah satu fasilitas yang akan dilihat yakni kamera yang ter-built in pada HP, ‘kan? Sekarang banyak juga orang yang sudah mulai mengabadikan setiap peristiwa kecil yang dialaminya, baik dengan jepretan kamera ataupun merekam dengan video. Terlebih saat ini aplikasi di jejaring sosial sudah memungkinkan untuk berbagi gambar dengan semua teman-temanmu. Lihat juga Daftar Harga Kamera Canon DSLR Terbaru.
Kamera SLR vs Kamera Pocket Saku Tips Memilih Camera

Namun, sayangnya masih banyak di antara kita yang nggak mengerti bagaimana cara memilih kamera yang sesuai dengan kebutuhan. Banyak pula orang yang membeli kamera jenis SLR padahal sebenarnya yang dibutuhkan hanyalah digicam pocket. Agar kamu nggak salah membeli kamera, Andra Alodita (fotografer) memberikan tiga kunci penting untuk memilih kamera yang tepat buat kamu.

Memilih Kamera SLR vs Pocket: Buat apa kamu membeli kamera?

Coba tanyakan pada dirimu sendiri; ‘Kamera ini akan digunakan untuk apa? Untuk bekerja? Untuk berlibur atau untuk dibawa sehari-hari dalam tas?’

Alasan utama kamu membeli kamera akan berkaitan dengan ukuran dan spesifikasi kamera yang akan dibeli. Kalau kamu memerlukan kamera untuk dibawa setiap hari dengan intensitas mobilitas yang tinggi, tentunya kamu harus memilih kamera dengan ukuran kecil (compact) yang mudah dibawa ke mana-mana. Tapi, kalau kamu tidak menggunakan kamera setiap hari dan menginginkan hasil yang sempurna, kamu bisa memilih kamera SLR.

Cari referensi

Setelah tahu apa yang kamu butuhkan, carilah informasi mengenai kamera yang bisa memenuhi kebutuhanmu. Kamu bisa coba browsing di internet atau browsing di pusat perbelanjaan dan mencari informasi langsung di toko-tokonya. Untuk memperoleh informasi lengkap, lebih baik kamu langsung mendatangi toko-toko brand tertentu. Dengan browsing langsung, kamu bisa mencari lebih banyak lagi kamera yang sesuai dengan kebutuhan dan budget-mu.

Try it before you buy it!

Yang paling penting sebelum akhirnya memutuskan untuk membeli kamera, terlebih dulu kamu harus mencoba kamera yang sudah menjadi kandidat utama dalam list kamera yang akan dibeli. Cari tahu dari teman yang memiliki atau pernah memakai kamera yang kamu incar. Kalau memungkinkan, pinjam dan test drive kamera tersebut. Dengan mencoba terlebih dahulu, kamu juga bisa merasakan kemudahan dan kesulitan dalam mengoperasikannya, dan yang pasti kamu bisa langsung mengetahui hasil akhir kamera tersebut.

Masih belum bisa menentukan kamera yang akan dibeli? Andra merekomendasikan beberapa kamera yang pas untuk kamu bawa saat berlibur dan beraktivitas setiap hari.


Canon G12
Foto Canon PowerShot G12 Harga Kamera Terbaru

Ini merupakan kamera compact dengan lensa yang tidak perlu diganti-ganti. Hasilnya pun nggak mengecewakan karena hasil Canon G12 mendekati hasil kamera SLR. “Kamera ini user friendly, paling pas digunakan untuk berbagai kebutuhan karena ukurannya pun juga cukup kecil,” Andra menjelaskan.

Canon Underwater D10
Canon Underwater D10 New Camera

Buat kamu yang senang diving, berlibur ke pantai, ataupun berlibur ke Eropa dengan cuaca dingin yang ekstrim kamera ini sangat cocok dengan aktivitas tersebut. Kamu nggak perlu repot-repot membeli underwater housing untuk membawa kamera ini ke dalam air karena Canon Underwater D10 memang didesain antiair. Saat pergi ke daerah atau negara dengan suhu minus di bawah nol pun kamu nggak perlu takut tiba-tiba kameramu mati ataupun lensa rusak. Canon Underwater D10 aman terhadap cuaca ekstrim. “Canon Underwater D10 paling pas untuk dibawa liburan karena didesain antiair dan bersahabat dengan cuaca ekstrim. Selain itu, ukurannya kecil dan warnanya pun lucu,” ujar Andra.

Sony Nex5
Kamera Sony Nex5 Full Review

Sony Nex5 merupakan kamera semi-SLR dengan pilihan lensa yang bisa dicopot dan dipasang. “Kamera ini hampir sama dengan Canon G12 tapi hasilnya yang lebih bagus, walaupun memang ukurannya agak lebih besar jika dibandingkan dengan Canon G12. Kalau kamu menginginkan hasil sekelas SLR dari kamera compact, Sony Nex5 adalah pilihan tepat,” Andra menyarankan.

Leica X1
Kamera Leica X1 Spesifikasi Harga

“Kalau kamu punya budget lebih dan menginginkan sebuah kamera pocket dengan hasil sempurna, Leica M9 harus menjadi pilihan utama kamu,” saran Andra. Kamera dengan harga sekitar 17juta—19juta rupian ini memiliki semua keunggulan kamera-kamera pocket biasa dengan hasil yang nggak perlu diragukan.

Nah semoga informasi di atas bermanfaat mengenai Tips Cara Memilih Kamera Bagi Pemula SLR atau Pocket.

Disqus Comments